Pasal 1 Adab memasuki kota mekkah
Ada 11 masalah.
Masalah 1 :
-Setelah ihrom haji atau umroh dari miqot menuju mekkah lalu keluar menuju Arofah.
- jika tidak masuk mekkah terlebih dahulu, banyak sunnah terlewatkan, diantaranya towaf qudum, mempercepat/ mendahulukan sa'i haji, berkunjung ke baitulloh, memperbanyak sholat di masjidil harom, menghadiri khutbah haji oleh imam tgl 7 dzul hijjah, mabit di mina malam hari arofah (malam tanggal 9 dzul hijjah) dan mengerjakan sholat di sana, menghadiri peristiwa-peristiwa penting tersebut, dsb.
Masalah 2 :
Saat sampai di mekkah, membaca do'a :
Maslah 3 :
Saat sampai di mekkah disunnahkan mandi di dzi tua dengan niat mandi karena memasuki mekkah.
Masalah 4:
Disunahkan masuk mekkah dari arah tsaniati qudain..
Masalah 5 :
Para ulama syafiiah berbeda pendapat apakah memasuki mekkah lebih utama sambil berjalan ataukah berkendaraan. yang paling sohih adalah berjalan.
Masalah 6 :
Masuk mekkah siang atau malam. Rosul SAW memasuki mekkah di siang hari sewaktu haji dan di malam hari untuk umroh.
Masalah 7 :
Semestinya menjaga diri dalam memasuki mekkah sehingga tidak mencederai orang lain. tidak membuat kerumunan..
Masalah 8 :
Seharusnya bagi orang yang datang dari luar mekkah untuk tidak memasuki mekkah selain berihrom haji atau umroh.
Masalah 9 :
Disunahkan saat melihat ka'bah untuk mengangkat kedua tangan dan berdo'a. Doa seorang muslim saat melihat ka'bah sangat mustajab.
Masalah 10 :-Disunahkan masuk pintu bani syaibah, dan berdoa masuk mesjid dengan kaki kanan :
-Saat pertama kali sampai di masjidil harom, disunahkan tidak mengerjakan apapun selain towaf.
Masalah 11
-Saat telah masuk mesjid, tidak menyibukkan diri dengan sholat tahiyyatul mesjid dan selainnya akan tetapi langsung bermaksud menuju hajar aswad dan mulai towaf qudum yang adalah tahiyyatul masjidil harom.
- dalam haji ada 3 towaf (towaf qudum (sunnah), towaf ifadoh (towaf rukun), towaf wada (wajib)). selain itu ada juga towaf tattowwu (sunnah).
...
..
- jika tidak masuk mekkah sebelum wukuf, maka tidak ada towaf qudum tetapi towaf ifadoh setelah wukuf. Jika berniat towaf qudum setelah wukuf di arofah maka dianggap menjadi towaf ifadoh.
Pasal 2 kaifiat (tata cara) towaf
- apabila masuk mesjidil harom, hendaklah bermaksud menuju hajar aswad.
- jika memungkinkan, menghadapkan wajah lal menyentuh (istilam) dan mencium hajar aswad tanpa suara lalu bersujud diatas hajar aswad, bersujud kepada Alloh yang telah menciptakan nya.
- mengulangi sujud dan mencium tiga kali
- memulai towaf dan menghentikan talbiah
- disunahkan ber idtiba bersamaan dengan memulai towaf.
kaifiat towaf :
- ان يّحاذي (menyelaraskan) seluruh badan nya dengan seluruh hajar aswad
jika tidak dianggap tidak sah.
- demikian adalah menghadapkan diri ke ka;bah berhenti disamping hajar aswad dengan badan kesamping ke arah rukun yamani sambil semuanya mengarah ka'bah sehingga pundak kanan diujung hajar aswad , lalu berniat towaf :\
- berjalan menghadap hajar aswad menuju arah kanan pundak sampai melewati hajar aswad.
- saat telah melewati hajar aswad, mengubah posisi sehingga pundak kiri mengarah ka'bah dan pundak kanan mengarah keluar.
- terus berjalan sesuai alur towaf hingga sampai multazam (diantara hajar aswad dan pintu ka'bah)
- terus berjalan hingga sampai di rukun kedua setelah aswad (rukun iraqi) :
- antara rukun iraqi dan rukun syam
- di rukun yamani
- antara rukun yamani dan hajar aswad :
- selesai satu kali towaf, demikian hingga selesai putaran ke 7.
Towaf terdiri atas syarat wajib yang tidak sah tanpa nya dan sunnah yang sah tanpa nya.
Syarat wajib towaf ada 8 yang sebagiannya ikthilaf :
* Wajib 1 : Menutup aurot dan suci dari hadast dan najis pada badan, pakaian dan tempat.
* Wajib 2 : Towaf didalam masjid
* Wajib 3 : Menyempurnakan 7 kali putaran towaf
* Wajib 4 : Tertib di antara 2 perkara (1. memulai dari hajar aswad, 2. menjadikan ka'bah disebelah kiri saat towaf)
* Wajib 5 : Towaf diluar batas ka'bah. Jika di atas syadzarwan atau didalam hijir ismail, maka tidak sah.
* Wajib 6 : Niat towaf, jika selain haji dan umroh maka tidak sah tanpa niat. jika saat haji atau umroh yang lebih utama adalah disertai niat, jika tidak berniat, tetap sah karna niat haji di awal sudah mencakup semua niat ibadahnya.
* Wajib 7 dan 8 : Terus-menerus diantara setiap putaran towaf dan sholat sunat ba'da towaf. menurut pendapat paling sohih, sholat sunnah ba'da towaf adalah sunnah. ada juga yang berpendapat wajib.
Sunnah dan adab towaf ada 8 :
1. towaf dengan jalan kaki.
...
..
2. ber- idtiba
3. romal
4. Istilam (menyentuh) hajar aswad, mencium hajar aswad, wad'ul jabhati 'alaihi.
5. Bacaan dzikir yang disunnahkan saat towaf
- sunnah membaca al-qur'an selain do'a tidak ma'tsur
6. terus menerus diantara putaran towaf adalah sunnah tidak wajib menurut pendapat paling sohih.
7. Khusyu, menghadirkan hati, menjaga adab secara lahir dan bathin.
8. Sholat dua rokaat setelah towaf. hukumnya sunnah mu'akad menurut pendapat paling sohih.
- rokaat 1 : Alkafirun
- rokaat 2 : Al-Ikhlas
Pasal 3 Sa'i dan yang terkait
- selesai sholat dua rokaat towaf, kembali ke hajar aswad lalu istilam atau dengan syarat.
- keluar menuju bukit sofa.
Urutan di buku lain :
dzikir
do'a
dzikir
do'a
dzikir
- berjalan menuju marwah dengan doa dan zikir yang sama dianggap satu putaran.
- demikian seterusnya hingga 7 putaran diawali di bukit sofa diakhiri di bukit marwah.
Far'un (Cabang)
Kewajiban, Syarat, Sunnah dan adab Sa'i :
Kewajiban2 Sa'i ada 4 :
1. (memutuskan/menempuh ??) setiap jarak diantara sofa dan marwah
2. Tertib (Mulai dari sofa)
3. Menyempurnakan bilangan sa'i 7 kali.
4. Mengerjakan sa'i setelah towaf yang sohih.
Sunnah - sunnah sa'i :
1. bacaan dzikir dan do'a
2. Suci dan menutup aurat
3. mengerjakan sa'i seperti yang telah dijelaskan
4. sunnah menyelidiki (يتحرّي) waktu kosong antara towaf dan sa'i. Jika berkerumun, hendaklah menghindari menyakiti jemaah lain.
5. disunahkan tidak menggunakan kendaraan atau roda kecuali jika sakit atau ada udzur.
6. Terus - menerus diantara dua sa'i.
7. tidak mengerjakan solat setelah sa'i
Pasal 4 Wukuf di arofah dan apa yang terkait sebelum dan sesudahnya
review Khutbah haji ada 4 :
1. 7 dzul hijjah di mekkah ba'da dzuhur
2. 9 dzul hijjah (hari arofah) qobla dzuhur
3. 10 dzul hijjah (hari nahar di mina) ba'da dzuhur
4. hari nafar awwal di mina ba'da dzuhur
- 8 dzulhijjah (hari tarwiah / mengumpulkan air dari mekkah) keluar menuju mina setelah sholat subuh di mekkah sehingga bisa sholat dzuhur di mina
- menuju arofah
Kewajiban wukuf di arofah ada 2 :
1. Ada pada batas waktu yang ditentukan (dari waktu zawal matahari hari arofah hingga terbit fajar waktu iedul adha).
- siapa yang mendapatkan waktu meskipun sebentar dari waktu ini maka sah wukuf nya dan mendapatkan haji. Jika terlewatkan maka haji nya pun terlewatkan.
2. Ahli ibadah.
Sunnah dan adab wukuf
1. Mandi di namiroh untuk wukuf
2. Tidak memasuki arofah kecuali setelah zawwal dan dua rokaat solat.
3. Imam berkhutbah dua khutbah dan menjama dua solat.
4. Segera berwukuf setelah dua sholat.
5. tertarik (يحرص) untuk berwukuf di tempat wukuf rosululloh :
6. jika berat wukuf sambil berjalan, maka boleh sambil berkendaraan.
7. menghadap qiblat, suci dan menutup aurat.
8. tidak berpuasa
9. menghadirkan qolbu, mengosongkan diri dari kesibukan selain berdo'a
10. memperbanyak do'a, tahlil dan membaca qur'an
- mengulang setiap du'a 3 kali
- mengawali du'a dengan tahmid, tamjid, tasbih, sholawat dan salam kepada nabi muhammad saw.
- mengakhiri dengan sama
- menjauhi hal yang haram dan syubhat dari makanan, pakaian, kendaraan
- mengakhiri du'a dengan aamiin
- memperbanyak tasbih, tahmid, takbir, tahlil.
-disunahkan talbiah dengan keras,
- sholawat nabi
- mengulangi ini setiap luang lalu berdo'a
- tarotan, tahlil,
- tarotan, takbir,
- tarotan talbiah, sholawat, istigfar, berdo'a munfarid, dan bersama jamaah
- berdo'a untuk diri sendir, kedua orang tua, kerabat, guru, sahabat, orang yang dicintai, teman, dan setiap orang yang pernah berbuat kebaikan padanya, dan setiap muslimin.
- sunnah banyak beristigfar dan menangis,
- setiap keinginan insyaalloh terkabul..
11. disunahkan jemaah haji yang wukuf tidak berteduh tetapi bercengkrama dengan sinar matahari kecuali bila sakit atau udzur yang membuat madarat atau mengurangi du'a dan bersungguh sungguh dalam berdu'a.
12. tetap di tempat wukuf hingga terbenam matahari. mengumpulkan siang dan malam.
13. menghindari hal yang tidak baik, menghindari hal hal yang mubah dan berbicara yang tidak baik dll. berbicaralah dengan lemah lembut.
14. memperbanyak amal baik.
Pasal 5. Bertolak dari arofah ke muzdalifah dan yang terkait
Cabang : hendaklah mandi di malam hari di muzdalifah untuk wukuf di mas'aril harom dan hari ied.
mengambil batu minimal 7 kerikil (khawatir ada yang keliru) untuk 7 kali melempar.
...
....
Pasal 6. Bertolak menuju mina
- sunnah mendahulukan perempuan dan yang lemah sebelum terbit fajar untuk melempar jumroh aqobah sebelum orang-orang berkerumun.
di akhir muzdalifah (masyaril harom):
saat subuh asfaro, bertolak dari masyaril harom diluar muzdalifah sebelum terbit matahari menuju mina.
Pasal 7. Amal2 yang disyari'atkan di mina pada hari nahar
Amal yang disyariatkan dimina ada 4: 1. melempar jumroh aqobah (nisfi lailatil ied - gurubussyams)
2. hadyu
3. alhalqu (nisfi lailatil ied - la akhiro lah)
4. towaf ifadoh (nisfi lailatil ied - la akhiro lah)
I. Masalah melempar jumroh :
1. saat sampai mina tidak mengerjakan apapun kecuali jumroh aqobah (tahiyyatu mina).
2. sunah melempar jumroh aqobah setelah tulu'issyams war tifa'iha qodro rumhin.
3. kaifiat jumroh aqobah : berdiam diri di bawah nya, di perut lembah, menjadikan mekkah disamping kiri, dan mina disamping kanan, menghadap aqobah kemudian melempar.
4. sunnah mengangkat tangan saat melempar.
5.
6. Melempar sambil berkendaraan.
7. melempar dengan hasol khodzaf, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.
8. wajib melempar dengan batu satu persatu hingga sempurna 7 kali lemparan.
II. Hadyu
III. Alhalqu
IV. Towaf ifadoh
- towaf rukun haji.
- binisfi lailatinnahar - la akhior lah
-sunnah di hari nahar, makruh diakhirkan.
- Dalam sohih muslim dari ibnu umar : Bahwa Rosululloh S.A.W melakukan towaf ifadoh di hari nahar kemudian kembali dan sholat dzuhur di mina.
- jika belum sa'i karna tidak towaf qudum atau tidak sa'i setelah towaf qudum (??), maka mengerjakan sa'i haji setelah towaf ifadoh
wallohu a'lam.
Tahallul haji ada 2 terkait tiga amal (melempar jumroh aqobah, halaq, towaf ifadoh serta sa'i jika belum) :
tahallul 1 : memilih 2 dari 3
- setelah tahallul awal, halal semua haram saat ihrom kecuali jima
tahallul 2 : menyelesaikan yang ke tiga
- setelah selesai tahallul 2, baru bisa halal jima dan seluruh yang diharamkan saat ihrom.
- tersisa amalan lain yakni mabit di mina, melempar jumroh hari tasyriq, towaf wada,
adapun umroh hanya ada satu tahallul yakni dengan towaf, sa'i dan halaq. Jika jima setelah towaf dan sa'i sebelum halaq, maka rusak umrohnya.
Pasal
Perkara yang disyariatkan di hari nahar dan semua yang tidak kami sebutkan terkait dengannya
1. disunahkan bertakbir setelah sholat dzuhur hari nahar dan sholat setelah nya di mina hingga subuh tanggl 13 hari tasyriq.
2. disunahkan solat dzuhur di mina setelah towaf ifadoh untuk mengikuti sunnah rosul. lalu ikutlah khutbah haji oleh imam.
3. Sunnah bagi imam untuk khutbah di hari ini, setelah sholat dzuhur di mina khutbah mufrod mengajarkan jemaah haji tentang mabit dan melempar jumroh hari tasyriq, nafar dan selainnya.
4. Para ulama berbeda pendapat tentang hari haji terbesar, apakah tanggal 9 ataukah 10. yang benar tanggal 10.
Pasal 8
I. Masalah
Masalah 1: harus mabit di mina di malam malam nya.
Masalah 2 : ri'aul ibil yajuz tarkul mabit
Masalah 3 : ada udzur karna sebab lain, boleh meninggalkan mabit.
Masalah 4 :
II:
Kaifiat :
Mulai dari jumrotul ula,
-menghadap qiblat
-melempar jumroh 7 kali satu persatu. bertakbir disetiap lemparan seperti tanggal 10 saat jumroh aqobah.
- mencari tempat aman dari lemparan orang lain, lalu menghadap qiblat.
- bertahmid, takbir, tahlil, tasbih, berdo'a menghadirkan hati dan khusyu'il jawarih. yamkutsu qodro surotil baqoroh
Mendatangi jumroh kedua (jumroh wusto)
- mengerjakan seperti di jumrotul ula kecuali la yataqoddam 'an yasarih kama fil ula.
Mendatangi jumroh ke3
(jumroh tiga)
- tidak berketi untuk berdo'a
catatan :
-du'a dan selainnya adalah sunnah. jika meniggalkannya tidak ada apapun hanya terlewatkan keutamaan nya saja.
-melempar jumroh hari kedua sama seperti hari pertama.
- demikian juga hari ketiga jika tidak melakukan nafar awal (tidak selesai di tanggal12 dzulhijjah).
III. disunahkan mandi setiap hari untuk melempar
IV. melempar di hari-hari ini tidak sah kecuali ba'da zawal ila gurubiha.
V. disunahkan jika zalat syams, mengawalkan melempar jumroh dari sholat dzuhur
VI. bilangan adalah syarat melempar. setiap hari 21 buah batu. setiap jumroh 7 kali lemparan
VII. tertib dalam melempar adalah syarat. mulai dari jumroh ula, wusto hingga aqobah.
VIII. terus menerus diantara lemparan jamarot adalah sunnah menurut pendapat paling sohih.
IX. jika tertinggal melempar di siang hari, maka melempar di malam hari. baik lupa atau disengaja
...
..
jika tertinggal satu lemparatn, membayar satu mud makanan. dua lemparan dua mud.
X aljamrotu mujtama'al haso ....
XI disunahkan melempar dua hari pertama sambil berjalan dan hari ke tiga berkendaraan.
XII disunahkan memperbanyak solat di masjid alkhif.
XIII kewajiban hari ke tiga gugur jika nafar awal.
XIV sunnah bagi imam untuk berkhutbah di hari kedua dari hari tasyriq ba'da dzuhr yang merupakan akhir khutbah haji yang ke 4. mengajarkan bolehnya melakukan nafar awal dan apa yang dilakukan setelahnya yakni towaf wada dan selainnya. Juga mengajak jamaah untuk mengakhiri haji mereka dengan istiqomah, bertetap hati dalam ketaatan kepada alloh, dan setelah haji menjadi lebih baik dari sebelumnya dan tidak lupa dengan kebaikan yang dijanjikan alloh kepadanya. Wallohu a'lam.
XV. Hikmah melempar jumroh ..
XVI jika nafar awal atau tsani, insorofa minal jumrotil aqobah rokiban.
XVII ata al muhassoba..
No comments:
Post a Comment